Peluang Bisnis UKM

Wednesday, April 12th, 2017 - Peluang Bisnis

PELUANGUSAHABARU.info

Peluang Bisnis UKM

BisnisKecil.org – Setiap bisnis rumah tangga walaupun hanya bermodal kecil, pasti akan amat menguntungkan tuk pelaku usahanya jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Paling tak kalimat di atas berlaku dan tepat ditujukan kepada Lejar Tri Ayunita, seorang ibu rumah tangga, yang pandai melihat peluang bisnis UKM. Dengan melihat kenyataan bahwa produk buah belimbing yang melimpah saat musim panen telah memberikan ide buat Lejar Tri Ayunita. Buah belimbing tak dijualnya secara langsung sebagai buah-buahan tapi diolahnya tuk dijadikan aneka makanan minuman dan makanan ringan dengan bahan utama buah belimbing.

Dari hasil uji coba dan keinginan mencoba peluang bisnis sampingan tuk menambah penghasilan, maka usaha kue kering rumahan yang ditekuninya membuahkan hasil lumayan. Dalam sebulan penghasilan yang diterimanya dapat mencapai belasan juta. Sebuah hasil lumayan besar tuk ukuran pekerjaan sampingan yang menguntungkan seorang ibu di rumah.

Awal Mula Usaha Seorang Ibu
Bertempat tinggal di daerah Depok Jawa Barat yang terkenal sebagai penghasil buah belimbing, dimana belimbing sendiri dipakai sebagai ikon daerah Depok, memberikan ide ibu rumah tangga ini tuk membuat olahan dodol berbahan belimbing. Kandungan air yang banyak ialah tantangan tersendiri agar dapat dijadikan dodol. Dengan beberapa kali percobaan, akhirnya ditemukan komposisi yang pas tuk membuat dodol dari belimbing dengan rasa legit dan enak.

Baca pula: Peluang Usaha Rumahan Modal 3 Juta Balik Modal 3 Bulan
Bersama dengan kawan-kawan sesama ibu rumah tangga yang berjumlah 10 orang, maka kelompok ini lalu bersepakat tuk mencoba peluang bisnis kuliner itu. Waktu itu modal tuk keperluan produksi dodol belimbing dewa sekitar 10 jutaan dan disepakati tiap orang memberi kontribusi sebesar 400 ribu. Akhirnya, usaha kecil itupun mulai ditekuni secara bersama-sama.

Namun seiring berjalannya waktu, ternyata satu per satu anggota kelompok pembuat dodol belimbing itu mengundurkan diri. Kesibukan ialah alasan utama mengapa anggota kelompok tersebut menjadi mundur dari usaha keci rumahan tersebut. Yang pada akhirnya, hanya tinggal Lejar Tri Ayunita saja yang masih setia dan menekuni peluang bisnis tuk ibu rumah tangga tersebut.

Ketersediaan Bahan Baku Melimpah
Bisnis membuat dodol belimbing di rumah dan menjualnya yang ditekuni oleh Lejar Tri Ayunita sebenarnya amat menguntungkan. Alasannya ialah mudahnya mencari bahan baku tuk membuat produk tersebut. Di daerah Depok tuk mencari buah belimbing taklah sulit, apalagi jika memasuki masa panen buah belimbing maka amat berlimpah bahan baku tuk pembuatan dodol belimbing.

Walaupun pada awalnya Lejar Tri Ayunita membeli bahan baku dari toko buah langganan dengan harga yang tak menentu, kadang dapat murah jika musim panen dan agak mahal waktu belum panen, namun sekarang beliau telah bekerja sama para petani yang menjual buah belimbing sehingga harga lebih murah. Dengan membeli langsung kepada petani maka harga jual dodol belimbing hasil produksinya pun dapat bersaing di pasaran.

Alasan kedua mengapa peluang bisnis UKM ini menjanjikan ialah keunikan rasa dodol yang dihasilkan. Rasa legit dan manis khas buah belimbing akan amat mengundang konsumen tuk mencoba dan menyukai rasanya. Paling tak konsumen diberikan alternatif rasa dari bisnis dodol yang telah ada selama ini.

Dengan harga bahan baku belimbing antara 6 ribu sampai 10 ribu per kilo, maka peluang tuk terus menekuni bisnis ini akan lebih tahan lama. Apalagi beliau telah bekerja sama dan berlangganan dengan petani penghasil belimbing, maka tuk memenuhi keperluan bahan baku sebanyak 30 kg setiap minggunya bukanlah hal yang sulit.

Membuat Penganan Tuk Memperkaya Hasil Produksi
Ibu Lejar Tri Ayunita mengetahui bahwa usahanya akan dapat lebih berkembang dan lebih menguntungkan jika dia tak memproduksi dodol belimbing saja. Dengan ide seperti ini, maka kemudian ibu ini mencoba tuk membuat penganan lain dengan bahan belimbing juga. Atas hasil kreasinya maka saat ini, ibu rumah tangga ini berhasil memperbesar peluang bisnis sampingan dengan membuat produk jus dan kue nastar isi belimbing.

Bertambahnya jenis produk yang dibuatnya maka otomatis akan menambah pekerjaan dan waktu kerjanya. Namun itu seluruh ialah bagian dari usaha apapun, termasuk UKM. Oleh sebabnya, ibu ini tak merasa terbeban saat melakukan produksi dan mengelola bisnis kecil di rumah tersebut. Walaupun saat ini masih terbentur tenaga kerja, namun dengan proses produksi sekarang pun telah dapat berjalan dan menguntungkan.

Dan jangan kaget jika hasil atau omzet produk UKM ini cukup membuat ibu rumah tangga ini bersyukur, sebab dalam sebulan ibu ini sanggup mengantongi uang 15 juta! Tentu bukan hasil yang sedikit tuk ukuran seorang ibu rumah tangga, bukan?

Dengan 3 varian produk berbahan belimbing yang sekarang diproduksinya, maka ibu ini tak merisaukan persaingan usaha. Jika orang lain hanya fokus hanya membuat 1 produk saja, maka dengan usahanya membuat 3 variasi produk akan memperbesar peluang bisnis rumahan punyanya masih dapat bertahan dalam persaingan usaha sejenis.

Produk hasil olahannya ialah sirup belimbing seharga 35 ribu, jus belimbing 15 ribu, dodol 20 ribu dan nastar belimbing dipatok seharga 60 ribu. Tuk memasarkan produknya ibu Lejar didukung suami dengan latar belakang pendidikan IT, sehingga pemasaran lewat internet dapat dilakukan atas bantuan suami. Jadi produknya tak hanya dipasarkan di sekitar rumah namun pelanggan dari seluruh pelosok tanah air juga dapat memesan dan telah membelinya.

Tertarik tuk mencoba peluang bisnis UKM seperti ini? Silahkan lihat website www.rasadewa.com

Kunjungi juga ulasan tentang 4 Bisnis Online Tanpa Modal Besar Cocok Tuk Pemula.

Source: http://www.bisniskecil.org/2017/02/peluang-bisnis-ukm.html

Peluang Bisnis UKM | admin | 4.5