Gampang Menjual Produk Desa, Begini Caranya

Friday, May 19th, 2017 - Peluang Bisnis Desa

PELUANGUSAHABARU.info

Gampang Menjual Produk Desa, Begini Caranya

Jika Anda pikir tinggal di desa tak dapat membuat hidup kaya-raya, itu artinya Anda ketinggalan jaman. Sekarang ini ada banyak produk desa yang melanglang buana mendatangi para pembelinya di berbagai sudut dunia dan mendatangkan rupiah yang tak kecil bagi warga desa pembuatnya. Itulah keajaiban internet.

Seperti yang dialami Ponidi, bapak tiga anak warga Desa Temuwuh, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Setahun lalu Ponidi yang sehari-hari bertukang kayu membuat daun pintu itu jatuh bangkrut. Hidupnya bersimbah tanggungan hutang yang membuatnya hampir putus asa. Hingga suatu hari anaknay yang baru lulus SMA menunjukkan sebuah keajaiban dari layar HP-nya. Di layar HP itu beragam disain mebel cantik dan unik terpampang lengkap dengan bahan, cara membuat dan ukurannya.

Awalnya Ponidi ragu tuk mulai membuat mebel-mebel itu. “ Secara kesanggupan kami dapat membuat mebel seperti itu bahkan jauh lebih mudah dibanding membuat daun pintu. Tapi masalahnya, bagaimana cara memasarkannya?” katanya pada Berdesa.com. Lalu sang anak menjelaskan yang disebut sosial media. “ Meski belum paham sebab saya gaptek tapi saya pikir kenapa saya tak mencobanya saja,” ujar lelaki berumur 47 tahun itu dengan logat Jawa medok.Ajaib, hanya selang sehari seteah Ponidi menyelesaikan meja belajar unik, seorang pembeli memintanya mengirim barang ke sebuah alamat dan bahkan telah mentransfer uang pembelian padanya. “ Saya benar-benar kaget. Sejak saat itu saya menjadi amat bersemangat lagi menatap hari-hari depan,” katanya. Setahun kemudian Ponidi, tanggungan hutangnya hampir selesai.Cerita yang hampir sama terjadi pada beberapa orang di Krapyak, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Mereka ialah para seniman lukisan kaligrafi yang selama ini hanya dapat berharap penjualan lukisannya lewat beberapa toko yang dia titipi produk. “ Penghasilan kami ya tergantung berapa orang beli lukisan kami di toko itu,” kata Sahrul, salahsatu di antaranya. Ironisnya, keuntungan toko itu berlipat dibanding yang didapat para pelukisnya. “ Bagaimana lagi, soalnya mencari pembeli lukisan bukan masalah mudah. Lukisan kan bukan barang keperluan utama,” katanya.Perubahan itu terjadi begitu seorang anak muda tetangga mereka menyarankan mereka mulai menjual lukisannya lewat internet. “ Tapi bagaimana caranya, kami kan gaptek,” ujar Sahrul. Tak perlu repot sebab si anak muda itulah yang mendaftarkan mereka menjadi penjual. Kini  lukisan-lukisan kaligrafi yang elok dan maknanya amat indah itu terpajang di berbagai saluran internet. Salahstaunya di , sebuah e commerce yang hanya menjual produk desa dan UMKM asli produk Indonesia.Lewat www.usahadesa.com, kini lukisanya dilihat ribuan orang yang berkunjung ke situs itu dan tinggal menunggu pengunjung yang kepincut dengan indahnya karya mereka. “ Ini luar biasa. Kami tak perlu keliling kampung menawarkan lukisan. Kini kami dapat konsentrasi melukis yang lebih baik sehingga harganya meningkat dan keuntungan kami menjadi lebih besar,” kata dia.Menjual lewat internet tak hanya memotong biaya operasional memasarkan produk mereka, internet juga membuat keuntungan mereka jauh lebih besar sebab tak perlu lewat berbagai tangan yang selama ini mengambil keuntungan lebih besar darinya. Anda punya keahlian menciptakan produk unik atau produk desa lainnya, klik www.usahadesa.com, jadi pembeli dan pajang produk Anda. Lihat bagaimana teknologi internet membantu Anda menjual produk hasil olah kreativitas Anda.

Source: http://www.berdesa.com/ingin-kaya-raya-menjual-produk-desa-begini-caranya/

Gampang Menjual Produk Desa, Begini Caranya | admin | 4.5