10 Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal Tuk Pemula

Monday, May 15th, 2017 - Info Bisnis

PELUANGUSAHABARU.info

10 Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal Tuk Pemula

10 Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal Tuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Properti ~ Tantangan terberat dalam menjalankan usaha ialah saat memulainya. Ada kalanya seseorang mempunyai ide usaha yang cukup menjanjikan, namun hanya dibiarkan berada dalam kepala mereka tanpa adanya usaha tuk merealisasikannya. Bisa jadi, ide tersebut berharga milyaran, namun sebab tak dijalankan maka sia-sialah telah ide tersebut. Adapun saat seseorang telah matang dan berkeinginan tuk merealisasikan sebuah ide usaha, mereka terbentur dengan modal yang amat minim sehingga sekali lagi urunglah niat mereka tuk memulai usaha.

Hal yang sama juga terjadi pada mereka yang berkeinginan tuk berkecimpung di bisnis properti. Sudah menjadi anggapan umum bahwa memulai bisnis properti berarti dibutuhkan modal yang amat besar. Anggapan tersebut taklah selalu benar. Faktanya, seseorang dapat memulai bisnis properti dengan modal yang amat minim, bahkan tak sama sekali. Dibutuhkan kejelian dan kematangan planning bagi anda tuk dapat memulai bisnis property tanpa modal. Dan sebagai referensi anda kedepannya, berikut ialah 10 cara memulai bisnis properti tanpa modal tuk pemula.

1. Rajinlah Membaca Iklan Properti
Memulai usaha properti bukan berarti harus langsung skala besar. Dengan menjadi perantara jual-beli property pun dapat menjadi batu loncatan yang baik tuk menyelami dunia bisnis property sambil lalu meraup untung. Sebagai permulaan, ada baiknya anda mulai rajin membaca iklan properti di waktu-waktu senggang, sehingga anda akan lebih update terhadap perkembangan dunia property terutama di kota anda. Jika memungkinkan anda dapat menawarkan jasa anda kepada para pepunya property tuk membantu mencarikan pembeli, begitu juga sebaliknya tuk membantu pembeli mendapatkan properti yang mereka inginkan.
2. Mulailah dari Lingkup Terdekat Anda
Tak ada salahnya tuk memulai bisnis properti anda dari lingkup terdekat anda terlebih dahulu, seperti kerabat keluarga, teman dekat, tetangga, dan seterusnya. Dengan begitu, anda akan mendapat pengalaman yang cukup tuk nantinya berhadapan dengan orang yang benar-benar asing bagi anda sebelumnya. Tentunya menjadi perantara bagi teman atau kerabat sendiri akan lebih mudah sebab anda telah benar-benar kenal mereka sebelumnya. Nantinya pun anda akan lebih siap tuk menjangkau konsumen dengan lingkup yang lebih luas.
3. Bangun Network yang Luas
Tak dapat dipungkiri bahwa dengan network yang luas, tentunya akan lebih mudah bagi anda tuk menjalankan bisnis properti. Bagi pemula, anda tak perlu merasa minder dengan jaringan anda yang masih amat minim. Selalu ada permulaan tuk segala hal, bukan? Nantinya dengan anda banyak berhubungan dengan orang-orang, maka otomatis jumlah kenalan anda pun akan bertambah, yang berarti pula network yang anda bangun akan makin luas di kemudian hari.
4. Selalu Aktif
Bisnis properti ialah bisnis yang dinamis, yang mana jenis bisnis ini menuntut para pelakunya tuk selalu aktif dan update akan segala perkembangan yang ada. Maka dari itu, amat disarankan bagi siapapun yang ingin memulai bisnis property tuk selalu menambah wawasan mereka akan industry ini. Bagaimana caranya? Dengan selalu hadir di setiap event bertemakan bisnis properti, seperti pameran property, properti launching, dan bahkan mengikuti pelatihan atau seminar tentang bisnis property. Ada banyak hal yang dapat anda pelajari dari event-event tersebut.
5. Pastikan Segalanya Jelas dan Tertulis
Saat anda menawarkan jasa anda, ada baiknya tuk mengikat segala sesuatunya diatas kertas. Dengan begitu maka seluruh pihak akan paham posisi masing-masing dan andapun akan mendapat kejelasan perihal banyak hal termasuk juga tentang komisi atau fee yang nantinya anda dapatkan. Bahkan dengan saudara atau kerabat dimana anda ditunjuk tuk menjadi perantara, amat penting tuk menuangkan segalanya diatas kertas agar lebih jelas dan transparan akan hak dan kewajiban anda nantinya.
6. Manfaatkan Sosial Media Online
Dunia semakin canggih sekarang dan internet telah mengubah kebiasaan banyak orang. Kini, masyarakat cenderung tuk membeli barang dan jasa via online. Selain lebih cepat dan mudah, online market juga terkenal akan aksesnya yang amat komplit ke berbagai jenis produk dan jasa. Dan dengan memanfaatkan hal tersebut, anda dapat menjaring lebih banyak pembeli potensial dengan menggunakan media online seperti facebook, twitter, atau bahkan dengan membangun sebuah website yang dikhususkan tuk mengiklankan produk property anda.
7. Bersikaplah Jujur di Segala Situasi
Pekerjaan apapun yang anda geluti, kejujuran ialah hal yang utama. Ada kalanya kita ingin berhasil menjual properti dengan cepat dan melakukan cara-cara tercela tuk menggapai hal tersebut, salah satunya ialah dengan berbohong atas kondisi sebenarnya dari property tersebut. Jika hal ini anda lakukan, dapat menimbulkan kekecewaan pada pihak pembeli yang nantinya akan berimbas pada rusaknya reputasi yang telah anda bangun. Hanya sebab keuntungan yang tak seberapa, rusaklah reputasi yang anda bangun selama bertahun-tahun. Sebaliknya dengan bersikap jujur maka seluruh pihak akan menyukai anda dan mereka tak akan segan tuk menggunakan jasa anda dikemudian hari, atau bahkan mungkin merekomendasikan anda pada teman atau saudara lainnya.
8. Buat Website
Bisnis apapun tentunya membutuhkan wadah tertentu sebagai tempat berlabuh bagi para konsumen dan kolega tuk saling bertemu dan berkoodinasi. Dan bagi pemula di bidang properti dapat menggunakan media website sebagai toko virtual mereka. Biaya bulanan atau tahunan tuk website tentunya jauh lebih murah apabila kita menyewa kantor sebagai basecamp usaha kita. Selain itu, beberapa vendor bahkan menawarkan domain gratis bagi anda yang ingin membuat website dengan modal minim atau bahkan tanpa modal sama sekali.
9. Bangun Brand dan Pertahankan Reputasi
Apapun ukuran bisnis anda, baik itu besar maupun kecil, membangun brand ialah hal yang mutlak. Pastinya konsumen akan lebih yakin jika usaha anda mempunyai atribut brand yang meyakinkan pula, seperti logo perusahaan, kop surat resmi, alamat yang jelas, dan lain sebagainya. Banyak penyedia jasa branding akan dengan senang hati membantu anda dalam membangun brand usaha anda mulai dari nol. Bahkan beberapa hanya menargetkan tarif yang cukup terjangkau oleh seluruh kalangan. Membangun brand memang sulit namun anda dapat membuatnya jauh lebih mudah dengan bantuan para professional berpengalaman di bidangnya.
10. Tetaplah Tekun dan Bersemangat
Segala jenis usaha atau bisnis ada pasang-surutnya. Ada kalanya dalam beberapa bulan anda tak mendapat proyek sama sekali, namun ada pula saat dimana anda kebanjiran job dari rekan maupun network yang telah anda bangun. Apapun yang terjadi, tetaplah tekun dan bersemangat dalam menjalani profesi baru anda. Jika memungkinkan anda dapat mencoba system jemput bola dengan cara mengajukan proposal kerja sama dengan berbagai realtor dan pepunya property di kota anda, dengan anda sebagai tenaga outsource independent mereka.
Dengan menerapkan 10 Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal Tuk Pemula seperti yang diurai diatas, diharapkan dapat membantu anda mengembangkan bisnis property anda tentunya dengan modal yang seminim mungkin.

Source: http://peluangusaharumahan.info/10-cara-memulai-bisnis-properti

10 Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal Tuk Pemula | admin | 4.5